Sabtu, 13 Mei 2017

LINUX OS

PENGERTIAN DAN SEJARAH SINGKAT LINUX Os

•             PENGERTIAN LINUX Os

Adalah software sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. Linux merupakan turunan dari unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras koputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC.

Dengan lisensi GNU (Gnu Not Unix) Anda dapat memperoleh program, lengkap dengan kode sumbernya (source code). Tidak hanya itu, Anda diberikan hak untuk mengkopi sebanyak Anda mau, atau bahkan mengubah kode sumbernya.Dan itu semua legal dibawah lisensi. Meskipun gratis, lisensi GNU memperbolehkan pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program


•          SEJARAH SINGKAT LINUX Os

Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa Finlandia yang bernama Linus Torvalds. Dulunya Linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum.
Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler).
           
Saat ini Linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial (misalnya Windows 9.x/NT/2000/ME).
Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Hal ini dapat dimungkinkan karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang. Keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan, pengalaman serta geografis. Agar kelompok ini dapat berkomunikasi dengan cepat dan efisien, internet menjadi pilihan yang sangat tepat.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LINUX Os

•             kelebihan linux Os

1.        Linux bisa berinteraksi dengan sistem operasi lainnya.
2.        Banyak dukungan dari komunitas
3.        Stabilitas, linux lebih stabil dibandingkan dengan windows 

•             kekurangan linux Os

1.        Sistem operasi Linux sulit untuk dipelajari, terutama yang belum mempunyai kemampuan komputer sama sekali
2.        Tidak banyak dukungan dari hardware-hardware tertentu
3.        Belum banyak aplikasi yang mendukung Linux

CONTOH DISTRO LINUX

1.Linux Mint

Linux Mint adalah distribusi linux yang berbasis Ubuntu dengan tujuan membuat distribusi linux yang komplit “out-of-the-box”, diantaranya adalah browser plugins, suport multimedia yang lebih lengkap, java dan lain sebagainya. Linux Mint sendiri kompatibel dengan Ubuntu repositoris.


2.Linare

Linare memiliki distro Linux khusus desktop dan paket CPU yang sudah terinstall Linare. Linare masih jarang terdengar dan merupakan pendatang baru. Linare juga merupakan produk komersial.


3.LYCORIS

Lycoris adalah distro linux yang telah membuat versi linux yang cantik dan menyerupai WinXP, dari segi warna,icon, maupun kemudahan-kemudahan yang ada. Dari tampilan-tampilan screenshot pada situsnya Anda dapat mengamati bahwa memang Lycoris merupakan distro Linux yang pintar mempercantik diri sehingga dengan menggunakan Lycoris Anda akan merasa bekerja dengan Windows XP. Bahkan OpenOffice yang dipaketkan dengan Lycoris memiliki icon-icon yang cantik dan khas Lycoris. Lycoris memiliki paket-paket yang berbeda, dan paket distro Linuxnya dinamakan Desktop /LX. Lycros memiliki fasiltias IRIS yaitu Internet Rapid Installer for Software untuk mengupdate Linux Anda dengan software-software baru. Hanya saja distro ini tidaklah gratis dan Anda perlu membayar dengan sejumlah “dollar US”.


4.Archlinux

Selanjutnya Archlinux  yang namanya belum terlalu dikenal bagi para pengguna distro linux, meskpun demikian Distro Linux terbaru dan terbaik yang satu ini bisa menjadi referensi baru bagi anda pengguna linux.
Kelebihan dari Archlinux  ini adalah mudahnya kostumisasi pada instalasi OS, sayangnya hal ini membuat instalasi cukup sulit bagi anda yang belum berpengalaman menginstall OS linux karena pada instalasi masih menggunakan Command Line.


5.Puppy Linux

Yang membedakan Puppy dengan distribusi linux lainnya adalah ukurannya yang kecil, tetapi kaya akan fitur-fitur. Puppy berjalan diatas RAM, tidak seperti live CD lainnya yaitu menempatkan semua fitur di CD, sedangkan Puppy seluruhnya di “loads” ke RAM. Artinya semua aplikasi yang tersedia dapat di respon dengan cepat.


6.Turnkey Linux Virtual Appliance

Perpustakaan Buka proyek sumber mengembangkan keluarga bebas, Ubuntu berbasis peralatan dioptimalkan untuk kemudahan penggunaan di server-jenis skenario penggunaan.
U-lite Memiliki tujuan utama menjadi sangat ringan memakan sumber daya perangkat keras. Versi terakhir menggunakan lingkungan desktop LXDE. Hal ini sebelumnya disebut Ubuntulite.


7.Zentyal

(dahulu bernama eBox) Ubuntu Server dengan antarmuka berbasis web ditargetkan pada usaha kecil; Router / Firewall dan NAS / PDCMirip dengan BeOS ZevenOS, dengan beberapa utilitas tambahan


8. Bodhi Linux  
 
Sebuah distribusi berbasis Ubuntu dilengkapi dengan winow manager Enlightenment dan ditujukan bagi pengguna yang menginginkan penginstalan software minimal.


9.gNewSense

Dirancang bagi pengguna yang menginginkan menggunakan free software. Secara resmi gNewSense didukung dan direkomendasikan oleh Free Software Foundation (Yayasan Perangkat Lunak Bebas). Proyek ini telah memproduksi satu set skrip yang membuat semua orang dapat menciptakan distribusi bebas. Pada tahun 2011, gNewSense akan didasarkan pada Debiantidak Ubuntu lagi.


10.Linux GSI

Adalah sebuah sistem operasi yang berbasiskan Linux dan dibangun atas aplikasi yang bersifat OpenSource, yang digunakan sebagai perangkat di lingkungan pemerintah dalam menerapkan GSI (Government SecuredIntranet) atau Jaringan Komunikasi Pemerintah Tertutup.Linux GSI berisi aplikasi-aplikasi GSI sehingga memungkinkan pengguna atau pelanggan GSI bisa langung terhubungke jaringan GSI. Aplikasi tersebut antara lain VPN, VoIP, SIAS, SMS Gateway, dan aplikasi tambahan lainnya sepertiOpenOffice, GAIM, GIMP, Firefox, Evolution, Minbar (Aplikasi pengingat shalat), Zekr (Aplikasi pembelajaran Al-Qur'an).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar